Jumat, 10 Mei 2024





Laporan Akhir 2
== Percobaan 4 ==
Komunikasi UART


  1. Membuka proteus
  2. Buka file proteus yang sudah disesuaikan dengan kondisi
  3. Running rangkaiannya
  4. Sesuaikan dengan kondisi yang diinginkan




Arduino Uno


LCD

Keypad

Kabel Jumper

Breadboard









Prinsip Kerja:
    
    Pada percobaan ini, keypad berperan sebagai input, LCD berperan sebagai output dan arduino berperan sebagai pengirim data melalui UART. Data yang akan dikirim adalah kode/angka yang ditekan pada tombol keypad. Arduino akan membaca input dari keypad, lalu mengirimkan data tersebut melalui pin UART ke LCD. LCD akan menerima data yang dikirim oleh Arduino melalui koneksi serial. LCD digunakan sebagai output untuk menampilkan informasi dari proses yang dilakukan oleh Arduino. Arduino akan mengirimkan data yang akan ditampilkan ke LCD melalui koneksi yang sesuai. Perangkat Arduino akan mengatur tampilan pada LCD sesuai dengan data yang diterima dari keypad. Jadi, prinsip kerja dari UART adalah mengirim data secara serial bit per bit antara dua perangkat, yaitu pengirim (transmitter) dan penerima (receiver), melalui jalur komunikasi yang biasanya berupa kabel.

  • Flowchart


    Listing Program

    • Arduino Master
    // MASTER
    #include <Keypad.h>
    const byte ROWS = 4;
    const byte COLS = 3;
    // Array to represent keys on keypad
    char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
     {'1', '2', '3'},
     {'4', '5', '6'},
     {'7', '8', '9'},
     {'*', '0', '#'}
    };
    byte rowPins[ROWS] = {7, 6, 5, 4};
    byte colPins[COLS] = {8, 9 , 10};
    // Create keypad object
    Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
    void setup() 
    Serial.begin(9600);
    }
    void loop()
    {
     char customKey = customKeypad.getKey();
     if (customKey)
     {
     Serial.write(customKey);
     }
     delay(20);
    }
    • Arduino Slave
    //SLAVE
    #include <LiquidCrystal.h>
    LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
    char message;
    void setup() 
     Serial.begin(9600);
     lcd.begin(16, 2);
    }
    void loop()
    {
     lcd.setCursor(0, 0);
     lcd.print("Tombol :");
     if (Serial.available())
    {
     message = Serial.read();
     if (message)
     {
     lcd.print(message);
     }
    }
    }

Modul 3: Percobaan 4
"Komunikasi UART Menggunakan Arduino"



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muhammad Zaky Kurnia - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -